Bukti khasiat dari Lab Propolis mengatasi HIV/ AIDS


Siapa tak merinding mendengar kata Aids- menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat infeksi Human Immunodefiency Virus (HIV) yang memicu munculnya bergam penyakit?. Menurut data World Health Organization (WHO), sekitar 2 juta penduduk dunia menunggal akibat AIDS sepanjang 2008. Jumlah itu mungkin turun jika para pengidap AIDS mengenal propolis.

Propolis memang belum dibuktikan secara klinis bisa mengatasi HIV. Namun, berdasarkan riset IN Vitro- di Laboraorium yang dilakukan para peneliti dari university of Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikat, Propolis berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh para penderita HIV/ AIDS. Tim peneliti menduga zat Antiviral yang terkandung dalam propolis menghambat masuknya Virus kedalam CD4+ Limfosit.

Propolis dosis 66,6 ug/ml dalam kultur sel CD4+ sel T dalam sistem kekebalan yang memiliki reseptor CD4 mampu menghambat ekspresi virus HIV maksimal 85%. Lazimnya pada penderita HIV/ AIDS, virus mematikan itu menginfeksi Sel bereseptor CD4 dan merusaknya. Makanya jumlah Sel ber-CD4 pada penderita HIV/ AIDS turun jauh dibawah angka normal. Pada orang sehat, jumlahnya sekitar 500-1500/ mm3 darah.

Sumber: Majalah Trubus 482- Januari 2010/XLI

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: